Thursday 30 June 2011

Tentang Toyota Prius

Toyota Prius adalah mobil hibrida komersial pertama yang diproduksi massal. Diproduksi oleh Toyota, Prius dijual pertama kali di Jepang pada 1997.

Mobil ini diperkenalkan ke pasaran dunia pada tahun 2000 dan hampir 160.000 unit telah diproduksi untuk dipasarkan di Jepang, Eropa, dan Amerika Utara pada akhir 2003. Dalam bahasa Latin Prius berarti "di depan". Prius (model tahun 2000-2003) disertifikasikan sebagai Kendaraan Emisi Super Ultra Rendah (bahasa Inggris: Super Ultra Low Emission Vehicle, SULEV) oleh Badan Sumber Daya Udara California (California Air Resources Board, CARB). Sedangkan model 2004nya disertifikasi sebagai Kendaraan Teknologi Maju Emisi Nol Sebagian (Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle, AT-PZEV).

Mobil ini terpilih sebagai Mobil Terbaik Eropa untuk tahun 2005, mobil irit bensin ini juga sebelumnya terpilih sebagai Mobil Terbaik majalah Motor Trend. Prius juga memenangkan penghargaan Mobil Terbaik Amerika Utara pada 2004 dan pernah dinominasikan pada 2001.

Teknologi

Prius merupakan sebuah mobil yang dapat digerakkan oleh bensin dan listrik. Komponen sistem Prius di antaranya:

*Pengereman regeneratif, menggunakan motor-geerator, yang mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang kemudian disimpan dalam baterai
*Mesin Toyota NZ menggunakan putaran Atkinson yang lebih efisien dibanding dengan Putara Otto. Mesin bensin biasanya berhenti pada saat mobil berhenti dan aksesoris (termasuk pendingin udara) digerakkan menggunakan baterai. Mesin digunakan untuk menggerakan kendaraan dan juga mengisi baterai. Karena motor listrik memberikan tenaga ekstra untuk akselerasi yang lebih cepat, mesin mobil diberi ukuran kecil untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi dengan akselerasi yang dapat diterima
*Dua motor listrik / generator listrik: MG1 dan MG2. MG1, dapat berputar balik dan bergerak sampai 10.ppp ppm, menyalakan mesin dan menyediakan torsi balik untuk CVT. MG2 menyediakan 50 kW (67hp) antara 1.200 sampai 1.540 ppm dan torsi 400 N.m (295 ft.lbf) antara 0 sampai 1.200 ppm, meningkatkan performa dan ekonomi. Motor tersebut digunakan sebagai generator pada saat pengereman regeneratif dan pada saat mobil bergerak pada kecepatan rendah

*Hybrid Synergy Drive (HSD) merupakan planetary gearset yang beroperasi seperti CVT untuk meningkatkan efisiensi. Komputer mengontrol HSD untuk menyesuaikan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh roda depan dan baterai isi-ulang.
*38 modul baterai isi ulang nickel metal hydride (NiMH) menyediakan 273,6 V, kapasitas 6,5 A.h. Baterai ini disediakan oleh Panasonic. Baterai ini biasanya diisi sampai 40-60% dari maksimum kapasitas untuk memperpanjan umur baterai dan juga menyediakan cadangan untuk pengereman regeneratif(wikipedia.com)




No comments:

Post a Comment