Friday, 1 July 2011

Yaris Anti Ketinggalan Jaman

Break the mold. Not the bank

Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi ole Toyota Motor Corporation. Yaris dirakit di Thailand yang dijual di pasar Asia. Yaris lahir pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara.

Generasi Pertama (1999-2005)

Vitz atau Yaris menggantikan Toyota Starlet sebagai hatchback kecil dari Toyota. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Vitz secara resmi hanya digunakan di Jepang. Di Eropa mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.

Mesin yang digunakan adalah 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.

Di Jepang, Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit, dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Canada, atau Echo Sportivo di Australia.

Generasi Kedua (2005-2010)

Toyota Vitz generasi kedua hadir di Jepang pada tahun 2005, dan dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2006 dengan nama Yaris. Model sport, Yaris RS dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter diluncurkan pada tahun 2007. Vitz atau Yaris dirakit di Jepang, Perancis, dan Thailand.

Indonesia
Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.

Versi facelift dengan bumper depan, grille, dan lampu belakang baru hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang automatic, sedangkan model paling mahal tetap S Limited.(wikipedia.com)

Perbedaan yaris type J & E :
Yaris E :
- dual SRS Airbags ( kantung udara yg berfungsi untuk menghindari pengemudi dan penumpang depan dari pecahan kaca atau benturan dari depan dlm kecepatan +/- 50km/jam )
- ABS + EBD + BA ( berfungsi supaya ban tidak mengunci pada saat pengereman mendadak dalam kecepatan tinggi shg menghindari dari tabrakan )
- Aero Mudguard ( like bodykit yg membawa kesan sporty untuk yaris )
* yg ada diatas tidak terdapat di Yaris Type J

Perbedaan Yaris type E & S A/T
- Dilengkapi dng side protection moulding
- Dark tone interior colour
- aero kit
- steering audio switch ( bfungsi untuk memudahkan pengemudi dlm mengoperasikan audio pd saat berkendara )
- retracble mirro
- smart entry ( memudahkan membuka pintu pada saat sedang membawa peralatan yg cukup banyak krn cukup menaruh chip kunci dikantong , pintu bs dibuka tanpa perlu memencet remote )
- smart start / stop system ( mehghidupkan kendaraan tanpa menggunakan anak kunci , cukup menekan tombol saja )
- 60 : 40 sliding , reclining & folding back seat ( kursi dapat dilipat , shg pd saat brg bawaan yg byk dpt masuk ke dalam kendaraan )
- Amber light optitron meter combination ( warna lampu pd spidometer yg bervariasi shg tidak membosankan )
* semua yg disebutkan diatas tidak ada di type E
 



No comments:

Post a Comment

Post a Comment