Friday 22 July 2011

Toyota Hadirkan Grand New Fortuner


SETELAH pekan lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan pikap New Hilux, kini giliran saudaranya Grand New Fortuner yang meneruskan eksistesi SUV berkonsep 7 seater yang menggelinding di bumi Indonesia sejak 2005 ini.

Masih menggunakan basis sebelumnya, Grand New Fortuner mengusung sejumlah ubahan yang merambah bagian spion dengan lampu sein, desain lampu depan, gril radiator, kap mesin, bemper depan, lampu kabut, desain fender dan over fender dan sensor sudut.

Interiornya masih serupa dengan sang pendahulu. Ubahan kecil, namun berarti, hadir di bagian panel instrumen, meter kombinasi, tuas transmisi dan ornamen kayu black wood pada roda kemudi dasbor bagian tengah.

Grand New Fortuner tesedia dalam 4 varian dengan pilihan 2 mesin diesel dan 2 mesin bensin. Untuk pilihan mesin diesel terdiri 2.5G diesel manual 4x2, 2.5G 4x2 disesel otomatis, sementara pilihan mesin bensin adalah 2.7G Lux otomatis 4x2 dan 2.7V Otomatis 4x4.

Untuk mesin diesel, kendaraan yang memiliki platform sama dengan Hilux VNT ini dibekali mesin tipe 2 KD-FTV 2.5 liter D-4D direct injection common rail turbo. Sayangnya ia tidak memiliki lubang airscoop interooler di bagian kap mesin seperti Hilux.

Turbo-nya pun tidak seperti turbo yang digunakan Hilux dengan teknologi VNT (variable nozzle turbo) sehingga daya yang dihasilkan juga berbeda. Jika Hilux VNT memiliki daya 144 hp maka Grand New Fortuner hanya menghasilkan daya 102 hp pada 3.600 rpm.

Begitu juga dengan torsi mesinnya. Hilux memiliki kekuatan puntir hingga 343 Nm pada 1.600-2.800 rpm, sementara Grand New Forty harus puas dengan 260 Nmpada rentang putaran mesin 1.600-2.400 rpm.

Tapi ini bisa dimaklumi karena Hilux diciptakan untuk menangani tugas dan kerja berat sesuai dengan status yang disandangnya sebagai pikap, sementara Forty lebih cenderung digunakan sebagai kendaraan SUV keluarga.

Jika performa yang menjadi tuntutan penting, maka versi mesin bensin adalah pilihan yang bijaksana. Mesin bensin tipe 2 TR-FE 2.7 liter DOHC VVT-i yang diusung oleh Forty, sanggup menghimpun daya sebesar 160 hp pada 5.200 rpm dengan torsi 241Nm pada 3.800 rpm.

Sayangnya, kendaraan yang diperkenalkan kepada wartawan bersama perkenalan Grand New Kijang Innova pada Rabu (20/7) di XXI Ballroom รข€“ Jakarta Theatre Building ini tidak disertai banderol harga.

Pihak TAM berjanji untuk segera merilis harga Grand New Fortuner pada saat kendaraan ini resmi diluncurkan di Indonesia Inernational (IIMS) 2011 yang akan berlangsung mulai 22-31 Juni nanti. (OL-07)Sumber   

No comments:

Post a Comment